Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, April 27, 2017 15:03

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Sekilas tentang biosensor

Ditulis oleh Awan Ukaya pada 13-02-2012

Para ilmuwan Amerika Serikat telah mengembangkan biosensor tahan lama yang dapat dicetak langsung diatas pakaian. Hal ini dapat memungkinkan pemonitoran biomedis yang terus – menerus diluar rumah sakit.

Pengeluaran yang mahal dalam kaitannya dengan pengobatan rumah sakit telah menimbulkan perhatian terhadap metode pada menajemen pengobatan kesehatan yang berbasis rumah. Sistem pengawasan psikologis yang terpercaya dan dapat dipakai ini dapat memungkinkan pengawasan psikologis di rumah, dimana dapat mengurangi kapasitas pasien di rumah sakit. Sensor yang dapat dipakai juga sangat berguna bagi  monitoring obat dan stress pada bidang olah raga dan militer. Sensor fisik yang mngawasi tekanan darah atau detak jantung telah diintegrasikan kedalam pakaian namun sedikit sekali perhatian yang ditujukan pada sensor kimiawi yang dapat dipakai.

Sekarang ini, Joseph Wang dan para koleganya pada University of California San Diego, La Jolla telah mengembangkan suatu metode dalam pencetakan biosensor langsung diatas pakaian. Dalam membentuk sensor ini, Wang mencetak pada lembaran lapisan elektroda karbon langsung diatas pita elastis pada pakaian dalam pria. Kontak yang kencang dan eksposur langsung terhadap kulit memungkinkan hidrogen peroksida dan enzim NADH, yang keduanya dihubungkan dengan sejumlah besar proses biomedis, yang nantinya akan diawasi dengan menggunakan sensor ini, jelas Wang.

Berbagai tekanan pada pakaian yang dikenakan tiap harinya, seperti lipatan atau regangan pakaian, tidak mempengaruhi performa sensor ini, kata Wang. Dia menambahkan bahwa tingkat ketahannya akan memungkinkan banyaknya aplikasi teknologi ini di masa mendatang.

Richard Compton dari University of Oxford, Inggris berkomentar bahwa, ‘sensor elektrokimiawi digunakan secara luas pada aplikasi barang dagangan dan tepat saatnya bagi keanekaragaman sensor yang lebih luas lagi untuk segera muncul, dengan memberikan tingkat sensitifitas dan rendah biaya bagi pengukuran electrokimiawi. Saya memiliki kepercayaan penuh terhadap ide ini akan berhasil.’

Wang menambahkan bahwa ‘pada-tekstil yang tidak invasive pada tubuh-berbasis sensing sangatlah menantang dan membutuhkan perhatian yang sesuai terhadap kunci permasalahan berdasarkan pengiriman contoh terpercaya pada permukaan elektroda sama baiknya dengan kalibrasi sensor dan interkoneksinya.’ Di masa mendatang, dia mengharapkan untuk mengembangkan sensor enzim bagi ethanol dan lactate yang dapat digunakan untuk memonitor tingkat alcohol pada pengemudi atau tingkat stress pada tentara dan atlit.

Jacob Bush

Artikel ini termasuk kategori: Berita dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>