Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, April 27, 2017 15:04

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Meteor dari Planet Mars

Ditulis oleh Awan Ukaya pada 12-11-2010

Meteorit Martian yang memerankan peranan yang penting dalam pemahaman kita mengenai Sistem Tata Surya  telah ditemukan setengah milyar tahun lebih muda dari pada perkiraan sebelumnya, kata peneliti dari Amerika Serikat. Walaupun ada penambahan umur, meteorit ini yang disebut dengan ALH84001, masih merupakan batuan Martian yang paling tua ditemyukan di bumi.

Kebanyakan informasi yang kita dapatkan tentang geologi Planet Mars berasal dari bekas peninggalan yang terlempar ke luar angkasa oleh serangan asteroid ppada Planet merah ini. Beberapa dari bahan ini masih jatuh ke Bumi sebagai meteorites – ALH84001 ditemukan di Allan Hills, Antartika pada tahun 1984.

Babak baru dari meteorite ini memberikan pandangan yang penting kedalam proses kegunung berapian yang masih aktif di Planet Mars, dan mungkin juga membantu memperbaiki beberapa model bagi pembentukan awal planet, termasuk Bumi. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa ALH84001 yang terbentuk pada waktu Planet Mars masih ‘basah’ dan mempunyai medan magnetis yang stabil, beberapa kondisi yang akan membantu perkembangan kehidupan yang sederhana.

Dengan mengkalkulasikan rasio isotop yang tahan lama dari samarium dan neodymium, meteorite ditentukan telah terbentuk 4.5 milyar tahun yang lampau. Akan tetapi sekarang ini, Thomas Lapen pada University of Houston dan para koleganya di Nasa di Houston, US, telah menggunakan suatu radiometris alternatif yang memberikan tanggal pada proses tentang pengukuran  lutetium dan hafnium.

Meteorite Martian memberikan para ilmuwan petunjuk terhadap formasi dan evolusi dari Planet Merah

‘Kita menemukan bahwa kebanyakan dari samarium dan neodymium pada bebatuan bertempat pada mineral fosfat, dimana lutetium dan hafnium mengambil tempat pada mineral lainnya,’ Lapen mengatakan pada Chemistry World. ‘Ini sangatlah penting karena mineral fosfat secara relatif sangat reaktif  dan dengan mudah dapat diubah oleh larutan. ‘

Karena pemberian tanggal lutetium-hafnium ditentukan dari beberapa mineral yang lebih resistan dalam proses pelapukan, tim Lapen percaya bahwa teknik ini lebih akurat dalam menunjukkan tentang kebenaran mengenai tanggal lahir bebatuan tersebut. Data ini menempatkan ALH84001 pada 4.09 milyar tahun lalu – yang berarti bahwa hal ini bukanlah bagian dari kerak primordial, malahan hal ini akan terbentuk setelah suatu periode dari aktifitas yang terus – menerus dari kegunung berapian.

ALH84001 masuk pada berita utama pada tahun 1996, ketika para ilmuwan meneliti biomorphs – bentuk yang tidak biasa yang menyerupai bakteria terfosil- dibawah mikroskop. Meskipun temuan Lapen mendukung ide bahwa Planet Mars mempunyai suatu kehidupan dengan menunjukkan beberapa mineral yang akan terbentuk dibawah kondisi aqueous dan pada saat keberadaan medan magnetis, masih adanya pertanyaan yang sulit untuk dijawab.

‘Palnet Mars tentu saja menjadi target yang bagus dalam menemukan kehidupan selain di Bumi,’ kata Andrew Coates, kepala ilmu perplanetan pada University College London. ‘Dan tanggalan yang baru yaitu 4.09 milyar tahun lalu menempatakan ALH84001 lebih pada suatu jalur dengan ketika kehidupan pertama mulai berkembang di Bumi. Bebatuan ini yang terbentuk pada waktu ketika medan magnetis Martian sedang sekarat, yang mempunyai implikasi yang menarik bagi sejarah atmosfer Martian yang sama baiknya dengan proses pembentukan kerak planet.’

Lewis Brindley

Referensi

T J Lapen et alScience, 2010, 328, 347

Artikel ini termasuk kategori: Berita dan memiliki 1 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

1 Komentar untuk “Meteor dari Planet Mars”

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>