Daftar Lupa kata kunci?
Thursday, April 27, 2017 15:04

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Isyarat bahwa ‘Prochelator’ Mengelilingi Tembaga

Ditulis oleh Awan Ukaya pada 07-01-2010

SuatuBottom of Form

Suatu protease yang ditemukan pada otak penderita penyakit Alzheimer dapat digunakan untuk memicu pelepasan persenyawaan yang berisi suatu ligand organis terikat pada inti atom metal pada satu atau dua titik dimana didesain untuk membersihkan tembaga yang kasar, Ahli kimiawi dari Duke University yaitu Katherine J. Franz melaporkan pada minggu-minggu pertemuan nasional  ACS di San Francisco.

Pengikatan tembaga pada amyloid-β, suatu protein kunci pada penyakit Alzheimer, diperkirakan menaikkan kedua agregasi dan formasi protein pada pengrusakan spesies oksigen reaktif seperti OH•. Dengan harapan menangkap dan menetralisir tembaga tersebut, Franz dan lulusan mahasiswa yaitu Drew S. Folk mendesain suatu “prochelator” peptida yang melepaskan persenyawaan tembaga yang berisi suatu ligand organis terikat pada inti atom metal pada satu atau dua titik saat dibelah oleh β-secretase, suatu otak enzim yang sangat dekat dikaitkan dengan penyakit Alzheimer (J. Am. Chem. Soc., DOI: 10.1021/ja100943r).

Protease tersebut memangkas ke-empat pertama asam amino dari prochelator, dengan meninggalkan suatu peptida dengan lokasi pengikatan tembaga yang tersambung amino yang dapat mengkoordinasikan tembaga pada planar persegi Cu(II) komplek (yang ditunjukkan). Prochelator ini, saat diproses oleh β-secretase in vitro, membongkar dan mencegah formasi agregasi amyloid-β yang mempengaruhi tembaga. Ini juga menekan formasi spesies oksigen reaktif yang terkatalisis tembaga. Tim Franz saat ini bekerja untuk menggulung prochelator ini sehingga hal ini memungkinkan melalui aliran darah dan masuk kedalam otak.

Artikel ini termasuk kategori: Berita dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>