Daftar Lupa kata kunci?
Saturday, December 27, 2014 9:52

Beri Rating:

Sebarkan:

  • Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita

Batang sel menemukan niche polystyrene mereka

Ditulis oleh Awan Ukaya pada 15-02-2012

Para ilmuwan dari Norwegia telah mengembangkan suatu platform microfluidic guna menumbuhkan batang sel – sel diluar tubuh pada perlakuan yang terkontrol dalam periode tiga minggu.

Batang sel – sel tersebut dari tulang sumsum dikenal sebagai mesenchymal stem cells (MSCs) dan seperti kebanyakan tulang sumsum orang dewasa, batang sel –sel tersebut selamat pada mikroligkungan yang khusus didalam tubuh, dikenal sebagai niches. Namun tidaklah mudah untuk menumbuhkan mereka diluar tubuh sebagaimana mereka menyebar saat mereka sedang tumbuh dimana hal ini membuat sulit untuk mengontrol mikrolingkungan in vitro mereka, karena mereka cenderung merintangi dan memblok saluran pemberian makan. Sistem microfluidic sebelumnya yang menggunakan substrat gelas menggunakan bahan kimia berbahaya guna mengisi sel – sel tersebut, akan tetapi Ellen Tenstad pada Vestfold University College di Horten dan para koleganya telah menggunakan mikroteknologi guna memungkinkan kondisi eksperimental yang  terkontrol yang tidak bisa diperoleh dengan menggunakan kultur skala besar.

Tenstad memodifikasi polystyrene dengan perlakuan plasma oksigen selektif dan menambahakan triblock copolymer untuk menghasilkan daerah sel suportif dan non-suportif. Hal ini memungkinkan pertumbuhan dari sel – sel tersebut untuk diisikan  pada daerah sel suportif sedangkan daerah lainnya dapat digunaklan sebagai saluran pemberian makanan. Alat ini dapat dibuat dengan cara yang sangat cepat dan ramah lingkungan serta memungkinkan batang sel – sel untuk dipanen selama tiga minggu, dimana jauh lebih lama dari apa yang dilaporkan sebelumnya. ‘Beberapa strategi mungkin digunakan dalam pembuatan model representatif in vitro yang lebih,’ kata Tenstad.

Batang sel – sel menemukan niche polystyrene mereka

Biju Parekkadan, seorang ahli pada bioteknologi batang sel dan immunology pada BioMEMS Resource Centre at Massachusetts General Hospital, Charlestown, Amerika Serikat sependapat bahwa alat ini mempunyai potensi, dengan mengatakan ‘melalui evaluasi lebih lanjut, alat – alat tersebut dapat memungkinkan ahli bilogi dasar dalam memelajari pertanyaan seputar mikrolingkungan didalam tulang sumsum batang sel niche – nya pada skala yang realistis.’

Tenstad sangat antusias tentang penggunaan microfluidic guna memperoleh fungsionalitas yang pada akhir – akhir ini tidaklah mungkin, sesuatu yang dia telah dapatkan dengan bantuan beberapa kolaboratornya. Tenstad percaya bahwa ‘MSCs memiliki potensi yang besar didalam area penelitian yang memfokuskan pada rekayasa jaringan dan immunomodulasi.’ Meskipun Tenstad sendiri akan memfokuskan pada bagaimana beberapa sel tersebut terlibat dalam formasi sel darah.

Laura Howes

Artikel ini termasuk kategori: Berita dan memiliki 0 Komentar sejauh ini .
Resep Makanan

Anda dapat mengirimkan komentar , atau taut balik dari situs pribadi .

Beri Komentar

Anda Member Chem-is-try.org? Silahkan login disini
Belum menjadi member? Beri komentar disini:

(wajib)

(wajib) (tidak dipublikasi)





Anda dapat menggunakan tag XHTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>